THOU MY EVERLASTING PORTION

(TUHAN PUSAKAKU)

Text: Fanny J. Crosby

Music: Silas J. Vail

Dikalangan kekristenan sudah banyak orang tahu siapa itu Frances Jane Crosby atau Fanny Crosby. Seorang buta lahir tahun 1820 di Amerika Serikat yang sudah menulis lebih dari 8000 lagu hymne. Seorang Kristen yang mencintai Yesus yang kebutaannya tidak menghalangi dia menjadi berkat bagi banyak orang atas talentanya. Tapi Silas Jones Vail (lahir 1818) tidak banyak yang tahu. Pekerjaan utamanya adalah seorang pembuat topi. Tapi kesukaannya dibidang musik membawa ia bekerja sama dengan beberapa musisi besar, termasuk Fanny Crosby.

Cyber Hymnal menemukan dua cerita yang menggambarkan inspirasi lagu ini. Ira Sankey, juga seorang penulis lagu hymne terkenal, menulis dalam bukunya, bahwa Silas Vail membawa lagu ciptaannya kepada Fanny Crosby untuk minta tolong dibuatkan lirik lagunya. Setelah mendengarkan, Crosby berkata, Tuan Vail, refrain tadi sepertinya berbicara ”close to Thee, close to Thee”. Vail setuju, sehingga lagu ini sempat berjudul ”Close to Thee”.

Versi kedua ditemukan dalam buku memoir Fanny Crosby, dimana ia menyebut judul lagu ini ” Christ, the Portion of His People”. Menurutnya inspirasi lagu ini keluar satu hari menjelang malam di tahun 1874 dimana Crosby sempat berpikir kedekatan Allah melalui Kristus sebagai teman seperjalanan hidupnya yang tetap, dan saat itu hatinya mulai bernyanyi lagu ini.
Mungkin kedua versi ini ada benarnya, mengingat Crosby menulis lebih dari 8000 lagu, jadi mungkin lupa. Tapi biar bagaimanapun, hasil dari gubahan kedua orang ini telah menghasilkan satu lagu indah tentang Tuhan yang menjadi pusaka hidup kita.